Thursday, December 18, 2008

It has been a year and half then..

… yang berarti setengah jalan dari perjalanan akademis saya di Bandung ini sudah terlampaui. Banyak banget yang saya pelajari di sini. Bukan cuma teori-teori politik klasik, paradigma mainstream di Hubungan Internasional, atau pun berubahnya politik dunia. Leih dari itu. Palajaran menjadi seorang manusia juga saya dapatkan di sini, di satu setengah tahun ini. Bagaimana beinteraksi dengan orang banyak, dan baru, bagaimana menghadapi konflik, bagaimana menenpatkan diri saya sendiri. Pelajaran itu, meurut saya, adalah pelajaran yang lebih berharga. Tidak diajarkan di kampus manapun, fakultas manapun, jurusan apapun. Tidak ada ujian tulis, tugas, ujian lisan. Tidak berstandar pada SKS. Tidak ada kata mengulang. Namun, itu lah modal yang paling besar, yang hasilnya akan saya dapatkan nanti. Setelah lulus dari institusi ini, setelah saya tidak di Jatinango rlagi, setelah saya bergelar S. IP.

Tadi malam, saya dinner berempat dengan sahabat terbaik saya, Anggi (ibu manager yang selalu bilang bahwa jangan hadi terlalu perasa kalo mau dapet pacar), Gheo (fotografer penyalur bakat narsis melalui DSLR-nya, juga tempat bertanya masalah IT), dan Nabila (duh, de!! Kapan hoby meninggalkan barang sembarangan itu akan hilang…). Sebenarnya sih ini another ritual of us, having dinner together. Dan kita tidak dalam formasi lengkap. Tapi entah kenapa, pulang dari sana, dan hingga sekarang, saya merasa melankolis-dramatis-romatis gitu deh… Ternyata penyebabnya adalah kata-kata Nabil tadi malam, “Kita udah setahunan nih kaya gini…”. Yang maksudnya, kita udah setahunan, atau mungkin lebih, menginggat tidak tahu kapan tanggal persisinya, manjadi teman, sahabat, tempat curhat, tempat nangis, and-tell-me-another-name…

Kalo dipikir-pikir, bener juga ya… Setahun lebih, itu sama saja dengan umur kehidupan saya di kampus. Dan ternyata lagi, belum pernah selama 19 tahun saya hidup, saya terikat secara emosional secara mendalam, dengan orang yang bukan keluarga. Pacaran aja belum. Jadinya inilah rekor kehidupan hubungan saya dengan orang lain yang terlama. Emang sih, ada teman-teman saya di sekolah dulu, tapi percayalah, belum pernah saya merasa sangat terhubung secara emosional dengan orang lain seperti sekarang ini. As I can know what inside their heart, and they know what happen to me. Mungkin ini juga disebabkan oleh karena intensifnya kita ketemu, tapi itu menjadi tidak terlalu menggagu pikiran saya…

Satu tahun lebih, lho. Dan kita udah ngejalanin, dan ngalamin macem-macem bareng-bareng. Senanngya, susahnya, dramatisnya, betenya, nangisnya, sedihnya, semuanya. Pernah ada yang bilang bahwa dalam konsep persahabatan, konflik akan selalu ada. Well, saya percaya itu, pernah mengalaminya, dan mlewatinya, Tapi ketika masalah itu datang, entah kenapa, naluri sahabat saya sering bilang, “Hey, ini cuma sebuah versi lain kok dari pengekspresian kata ‘Peduli’ dan ‘Sayang’”. Dan dengan itu pula saya akan kembali pada mereka.

Satu tahun lebih, and I expect more. Entah sampai kapan. Mungkin sampai nanti saya udah punya David Jr, yang mana harus nunggu ya, secara saya mungkin akan jadi yang terakhir, atau nanti David Jr nya udah punya David Super Jr. Yang pasti, saya ga mau ini berakhir. Banyak yang udah kita laluin. Dan saya yakin yang akan datang pun bakal kita hadapin…

Terima kasih untuk menjadikan David yang sekarang ini, melalui sebuah proses yang sangat edukatif. Terima kasih untuk menjadi tempat curhat, tempat marah, dan tempat nangis, ketika saya menjadi sangat melankolis. Terima kasih untuk persahabatan ini… I do really LOVE you guys, and girls. Hope we have another years.. Until death do us part…




David..


This entry is a tribute to Anggia Utami Dewi, Iffa Latifa Zulfa, Nabila Nuruljah, R. Khairul Rahman, Gheo Eraldika, Khairunisa, Bima Prawira Utama, Muhammad Haekal, Fransiska Ardie Yanti...... Dan lainnya kalo belum disebut.. Bukan maksud, but I start to cry when I type it...

12 comments:

R. Khairul Rahman said...

muhammad david...
yg lw rasain, sama kya apa yg gw rasain.. makanya gw ga pengen suatu persahabatan itu rusak...
im sorry if ive made it dat way...
im sorry... but i dont wanna lose you and all of the others...
vid, sometimes, crying is the best way to express ur emotions...
i do cry too sometimes...

relax.. im still witcha bro...

anggia utami dewi said...

david.. bener banget..
gw juga merasa gitu..
walau gw pun punya komunitas lain di mana gw bisa jadi diri gw sendiri.. di mana bakal selalu ada yang ngingetin gw kalo gw salah, bukann berarti marah.. tp karena mereka sayang ma gw..

dan itu gw rasain baget juga ma kalian.. be my self..
yang cerewet, nyablak, cengeng, selalu so' tau berhubung gw paling tua haha, melankolis, kayak toa, hiper sanguis, so drama queen, dan kejelekan gw yang lain..
tp...
thanks ya Vid.. telah menuliskan semuanya.. dengan indah.. hahahah.

walau ya itu..
gw baru tau perkataan nyokap gw bener..
dan itu dia bilang di pergantian malam taun baru kita taun lalu..

"jangan pacaran sama temen se-geng.. karena kalo putus, semua g akan pernah sama lagi.."

sekarang gw ngerasa gitu..
ada penyesalan, tp gw tetep sayang sama kalian kok.. and i'll be here, always, for you all..

moga2 kita selalu bisa jd temen yang saling menjaga di kala senang, saling menghibur di kala sedih, saling ngingetin di kala khilaf..

i luv u all..

iffalzulfa said...

hahahaha dasar si david, ibu2 melankolis.. wkwkwwk piss ah vidd.. 1 hal yg harus lo inget, lo adalah temen gw dan gada yg bisa ngerubah smua itu meski lo sering bilang klo gw sering sensi ma lo.. ahahaha gw slalu seneng liat muka lo yg bilang "ihh.. tuh kann.. iffa tuh suka sensi ma gw!" ahahahahah sumpah kocaakk.. gw suka ngakak sendiri vid.. wuahahahhaa

buat siapapun temen gw, gw ga perna berusaha untuk merusak hubungan gw ama seseorang siapapun itu ato sebenci apapun itu.. dan gw ga perna mendeklarasikan klo gw benci ama org meski gw benci ma dia.. hahahah

jadiii,, intinya: GA BUTUH ALESAN UNTUK LO BISA TEMENAN MA SESEORANG.. kayak yg gw rasain skr ma kalian smua, susah senang, sadar gila, berantem baekan. smuanya kumplittt.. makanya itulah TEMAN.. ga kemakan waktu dan ga kemakan gosippppp.. ahahahahah.

pisss ah smuaaa ^^
lurv u all pokonya mah

Nabila Nuruljah said...

daviiiiiiidddddddd..
you're just so sweet, u know..
gue jg ngrasa ini bener2 perjalanan yg panjang buat qta..
sedih bareng..
susah bareng..
nangis bareng..
senang bareng..
menggila bareng..
ketawa bareng..

buat gue..
kalian juga adalah tempat gue bergantung di saat jauh dari ortu..
di saat gue butuh bantuan kalian selalu ada..
peduli sama gue..
disaat gue senang ada kalian..
di saat gue down jg untung ada kalian..
yg selalu nyemangatin gue..
bosen sii liat kalian mulu..
hehe..
tp bersama kalian adalah kenangan terindah gue..
hahaha.. lebayy..

pokoknya..
buat kalian semua..
makasi uda percaya sama gue..
uda menjaga gue..
uda sayang sama gue..
uda bilang ga bisa kehilangan gue..
hahaha..
sangat menghargai itu semua..
terima kasih karena selalu berada di samping gue..

luv u all boys n girls..
hehehe..

anggia utami dewi said...

hahahahahha.
bener Fa...

kita temenan, sahabatan..
g usah pake deklarasi..
kalo lo semua "SAHABAT GW.."

karena itu kadang ngebuat beban sendiri buat kita..

jadi gak lepas..
dan termakan prasangka..

makasih semua..
kalian penting buat gw..

bukan karena kita selalu bersma..

tp kita punya "chemistry"..

yap..

i luv u all..

anggia utami dewi said...

iihh..
maaf ada yang salah..

maksud gw..
kita temenan, sahabatan..
g usah pake deklarasi.. "KITA SAHABAT.."

karena persahabatan cuma perlu lo rasain ajah..

sekali lagi, bukan karena kita selalu bersama..

tp karena kita punya "chemistry"..


makasihhh..

nabil jangan gitu ah..
lebay lo..
gw g perlu bilang kata2 manis buat bikin lo merasa sebegitunya..
walau gua galak, dan sering ceng2in loe..
lo pasti tau kan yang gw rasain..


ahahahaha.
ikutan lebay deh gw..

le-bay-ers..


mmuah.

David said...

hhahahahah....


terima kasih buat semua komennya ya....

ini adalah blog posting gue yang pertama yang paling banyak di komenin...


berharap satu tahun lebih ini akan terus berlanjut....


hmmmm, jadi mellow lagi (ayo david, jangan nangis)

saya sayang kalian semua....

Bima Si Alien Hijau said...

wah ada urang euy !? hhahah,yah, maklum lah orang ganteng, hhahahaa..

thx for being my good friend yah you're one of the better among the good, but sadly not the best, hehehe, the best one is the one who always been with me since I was an elementary school boy ! hahaha..

yah, thx banget lah vid, jarang bisa nemuin orang yg temenan bener2 pengen temenan seperti maneh....

Bima Si Alien Hijau said...

btw, alien brokoli= bima prawira utama :))

Bima Si Alien Hijau said...

masalah best2an, I just want to say that, we only have only one best, so, I am really sorry not to choose you, hehehe...

David said...

hahahhahahahah


my pleasure bim...

for becoming one of the better among the god...

posisi best of the better pastinya buat seseorang yang spesial...

menjadi teman seorang bima aja udah menjadi sebuah yang indah bagi saya....

karena bagi saya teman itu harus tulus....

Bima Si Alien Hijau said...

settujuuu vid, hahah.... being better doesn't mean bad isn't it ? hahaha... yah, best friend urg mah, kalo disini setaun aja udah bisa jadi best, urg ama dia udah 14 taun temenan, so ? what can you expect more ? hahahaha...